pulau moles

Pesona Pulau Mules, Pulau Cantik di Ujung Nusa Tenggara Timur

Wilayah Indonesia timur memang terkenal memiliki kekayaan wisata yang memanjakan mata. Salah satu yang menjadi unggulan Kementrian Pariwisata Indonesia sebagai destinasi super prioritas adalah kawasan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Namun tahukah Seikawan di sebelah selatan NTT ada pulau yang menyembunyikan kecantikannya, yang dikenal dengan pulau Mules.

Pulau yang terletak di selatan Flores ini masuk ke dalam wilayah Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai. Pulau ini satu-satunya pulau yang dimiliki Kabupaten Manggarai setelah dimekarkan menjadi 2 kabupaten baru, yakni Kabupaten Manggarai Barat dan Manggarai Timur.

peta pulau mulas
credit: Google Maps

Mules berasal dari bahasa Manggarai, molas, yang artinya cantik, jadi Pulau Mules berarti pulau yang cantik. Nama tersebut bukan sekadar penamaan tetapi cantiknya Pulau Mules dapat dibuktikan ketika Seikawan mengunjunginya.

baca juga: Pesona Pantai Nemberala, Surganya Peselancar Dunia di NTT

 

Pulau Mules merupakan salah satu objek wisata favorit yang selalu dikunjungi oleh wisatawan jika berlibur ke Flores. Satu-satunya desa yang ada di Pulau Mules diberi nama Nuca Molas.

Menariknya, di Desa Nuca Molas ada 3 kampung yaitu Labuan Tuar, Peji, dan Konggang yang pemandangan alamnya berbeda satu sama lain.

pulau mules ntt
credit: Google Maps

Jika Seikawan berkunjung ke Kampung Labuan Tuar, kamu akan mendapati cantiknya pantai pasir putih halus berpadu dengan air laut berwarna hijau tosca. Di kampung ini juga masih terdapat hutan yang dihuni oleh monyet dan bukit batu karang tempat para kambing dan sapi mencari makanan.

pantai molas
credit: Google Maps

Berbeda dengan Kampung Peji yang memiliki pemandangan perbukitan serta padang rumput tempat warga menggembalakan sapi dan hewan ternak lainnya.

Sementara itu di Kampung Konggang, Seikawan bisa melihat pemandangan batu karang di sepanjang pantai dan pasir yang kasar. Jika air laut surut, kamu bisa menemukan binatang laut seperti bulu babi, siput laut, dan bintang laut.

baca juga: Eksotis, 4 Wisata Tersembunyi di Kupang Yang Jarang Orang Tahu

 

Akses menuju Pulau Mules cukup mudah. Dari Kota Ruteng, Seikawan bisa menggunakan moda transportasi darat ke Dintor. Setelah melakukan perjalanan kurang lebih 1 sampai 2 jam dari Kota Ruteng, kamu harus menyeberang menggunakan perahu kecil dan speedboat menuju Pulau Mules.

Jika Seikawan adalah wisatawan yang suka menjelajah tempat baru, tidak ada salahnya menjadikan pulau Moles sebagai bucket list liburan kamu. Mari kunjungi tempat wisata di dalam negeri sambil menikmati kekayaan kulinernya.

Smokin’ Indonesia!

baca juga: Eksotis! Spot Hidden Gem di Labuan Bajo Ini Wajib Dikunjungi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart