Suka Nyeruput Kopi, Ini 4 Alasan Kopi Flores Jadi Primadona-01

Suka Nyeruput Kopi? Ini 4 Alasan Kopi Flores Jadi Primadona

Bagi Seikawan penikmat kopi, pasti sudah tak asing lagi dengan kopi flores. Cita rasa kopi yang satu ini memang telah mendunia. Kopi yang tumbuh subur di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur ini ternyata menyimpan fakta unik yang sayang untuk kamu lewatkan sambil nyeruput kopi favoritmu. Bagi kamu yang belum ngopi, yuk pesan disini >>klik disini

1. Kopi di Bawah Naungan

kopi flores seilera
shade grown coffee, credit: coffeeland

Shade-grown coffee atau kopi yang tumbuh di bawah naungan adalah salah satu teknik menanam kopi di bawah naungan pohon atau kanopi. Sebagian besar kopi yang ditanam di Flores tumbuh di bawah naungan pohon pada daerah pegunungan yang subur. Pohon-pohon tempat bernaung ada yang sengaja ditanam oleh petani maupun tumbuh alami seperti kopi hutan.

Pohon yang menjadi naungan dapat memberi sisi keuntungan dari lingkungan maupun ekonomi. Selain dapat mengurangi sinar matahari yang terlalu terik, daun-daun yang jatuh ke tanah akan membuat tanah tetap lembab. Biji kopi yang tumbuh di bawah naungan biasanya akan matang lebih lambat sehingga buahnya lebih mature seutuhnya sehingga menghasilkan cita rasa yang sempurna. (coffeehabitt.com)

baca juga: Kopi Flores: Cita Rasa Nusantara yang Mendunia

 

2. Memiliki Tingkat Kafein Rendah

kopi flores seilera
Arabica Coffee, credit: otten

Karakter kopi Manggarai Flores juga bisa bisa dilihat dari kandungan kafeinnya. Kopi Arabika Manggarai Flores memiliki kandungan kafein yang rendah. Dalam minuman kopi, kandungan kafein menjadi salah satu faktor pertimbangan untuk menikmati jenis kopi tertentu. Pada kadar yang sama, efek kafein kopi akan bereaksi sekitar 3 jam setelah mengkonsumsinya, namun ada orang yang baru merasakan reaksinya sekitar 6 jam.

Kopi Jenis Arabika memang telah terbukti memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan jenis kopi lainnya yaitu sekitar 0.8-1.5%. Sehingga kopi Arabika Manggarai ini rasanya tidak terlalu pait serta lebih friendly dan lebih aman diminum. Karena kandungan kafein yang lebih rendah tersebut, kopi arabika flores bisa dinikmati oleh Seikawan yang tidak terlalu suka dengan kopi yang terlalu kuat. (coffeescience)

baca juga: Rahasia Dibalik Kain Tenun NTT yang Eksotis

 

3. Punya Aroma Nutty

kopi flores
Nutty coffee, credit: thoughtco

Berbeda dengan beberapa kopi lain yang punya aroma fruity, kopi Flores Bajawa punya aroma nutty alias cita rasa seperti kacang dan aroma coklat pada aftertaste-nya. Hal ini muncul dari tanah yang menjadi media tumbuh tanaman kopi sehingga memberikan notes sweet chocolate dan woody. Coba deh seduh kopi Flores Bajawa kamu dan hirup wanginya!

Menurut Coffee Quality Institute yang berbasis di California, jenis kopi dapat dibedakan berdasarkan aroma, tekstur, tingkat keasaman, dan lain-lain. Semakin tinggi daerahnya, biji kopi akan semakin manis. Kopi pada dasarnya adalah biji dari buah. Ketika intisari buah masuk dalam biji tersebut, itulah yang menimbulkan rasa fruity maupun nutty. Selain pengaruh tanah dan ketinggian, cita rasa tersebut juga dipengaruhi oleh tumbuhan pendamping yang ada di sekitar kebun kopi. Tanaman tembakau dan coklat yang banyak ditanam di Flores juga akan mempengaruhi cita rasa yang dihasilkan.

baca juga: Kampung Bena, Desa Wisata Tertua di Flores yang Jadi Primadona

 

4. Dibudidaya Secara Organik

Arabica Flores, credit: nttgov

Salah satu yang menjadi rahasia kopi flores di kenal oleh mancanegara adalah proses budidaya yang masih organik. Seluruh proses penanaman kopi flores, dilakukan melalui proses organik atau tidak memakai bahan kimia. Sehingga kualitasnya dapat terjamin dan cita rasa kopi ini jadi lebih kuat dan harum. Pada saat panen, kopi flores akan berwana hijau keabu-abuan dan proses pasca panennya biasanya diolah basah ataupun digiling kering.

Kopi Flores dipupuk menggunakan abu vulkanik atau andosol selain itu juga mendapatkan asupan nitrogen alami dari naungan pohon. Pada tingkat petani, kopi diproses dengan wet processed coffee atau kopi melalui proses pencucian dengan air dan dibilas untuk menghilangkan partikel asing. Biji kopi kemudian dikeringkan selama beberapa hari hingga mencapai tingkat kelembaban 12% dan kemudian dijual. Buat Seikawan yang hobi nyeruput kopi, nikmati signatture flores coffee di outlet Seilera! Cek Sekarang juga >>klik disini

 

7 thoughts on “Suka Nyeruput Kopi? Ini 4 Alasan Kopi Flores Jadi Primadona”

  1. Pingback: Jamondu - Minuman Sehat dan Alami untuk Jaga Daya Tahan Tubuh -

  2. Pingback: Minuman Segar dan Sehat yang Jarang Orang Tahu. No 5 wajib Coba

  3. I have read your writings and I have read articles on this topic in several articles from other sources. I got a lot of information from your writing, is there any other suggestions you can convey regarding the theme of your writing? so that I can get more and more complete information.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart