5 trik mengolah daging sapi agar empuk dan bumbu meresap-1-01

4 Trik Mengolah Daging Sapi Agar Empuk dan Bumbu Meresap

Daging merah seperti daging sapi umumnya disajikan saat momen tertentu atau Hari Raya. Terlebih butuh waktu yang lama untuk membuat dagingnya empuk dan bumbu meresap. Nah, Seilera punya trik mengolah daging sapi agar empuk dan bumbu meresap sempurna untuk Seikawan coba di rumah.

1. Pilih Bagian Daging yang Sesuai

 

5 trik mengolah daging sapi agar empuk dan bumbu meresap-1-01

Setiap bagian daging sapi memiliki tekstur dan ciri khas rasa tersendiri. Trik pertama agar daging cepat empuk adalah memilih bagian daging yang memiliki serat otot sedikit. Bagian daging sapi yang memiliki banyak otot seperti kaki atau sengkel umumnya lebih alot karena sering digunakan bergerak.

Salah satu bagian daging sapi yang menjadi favorit untuk diolah menjadi steak karena dagingnya yang lembut adalah rusuk (rib), dan has dalam (tenderloin). Selain itu bagian belakang atau round juga cocok untuk diolah menjadi rendang atau empal karena memiliki sedikit lemak.

baca juga: Ngaku Meat Lovers? Yuk Cari Tahu Bagian-Bagian Daging Sapi

 

2. Potong Berlawanan Arah Serat Daging

 

5 trik mengolah daging sapi agar empuk dan bumbu meresap-1-01

Cara mengolah daging sapi agar empuk lainnya adalah memperhatikan cara memotongnya. Seikawan bisa melihat serat yang memanjang pada daging. Agar daging sapi empuk, cobalah untuk memotong berlawanan arah dengan serat dagingnya.

Tujuannya agar serat lebih pendek sehingga daging lebih cepat empuk saat dimasak dan mudah dikunyah ketika dimakan. Trik ini sudah dilakukan oleh saudara kita di NTT dalam mengolah se’i. Se’i sendiri adalah daging asap yang berarti daging yang diiris tipis memanjang.

 

3. Marinasi Daging

 

marinasi daging

Selain empuk tentu kita juga ingin bumbu meresap sempurna ke daging. Salah satu caranya adalah dengan melakukan marinasi. Selain meningkatkan cita rasa, marinasi juga dapat membantu membuat tekstur daging sapi menjadi lebih lunak.

Seikawan bisa menggunakan bahan dasar seperti garam, merica, madu dan kecap. Selain itu beberapa bahan yang juga terbukti membuat daging lebih empuk antara lain jus nanas, irisan bawang dan perasan lemon. Agar mendapatkan hasil maksimal, marinasi daging sapi bisa dilakukan beberapa jam hingga seharian tergantung bahan yang digunakan.

baca juga: Yuk Kenali Tips Membedakan Jenis-Jenis Daging Sapi USDA-Graded

 

4. ‘Istirahatkan’ Daging Sebelum Dimasak

5 trik mengolah daging sapi agar empuk dan bumbu meresap-1-01

Saat kita membeli daging daging dalam bentuk beku umumnya kita menyimpannya pada freezer. Jika Seikawan menyimpan daging di freezer, sebaiknya simpan di rak bawah terlebih dulu dalam wadah tertutup sejak malam sebelumnya. Setelah itu, sekitar 30 menit sampai 1 jam sebelum memasak, keluarkan daging sapi dari kulkas dan simpan dalam wadah tertutup.

Mendiamkan daging sapi atau meresting di suhu ruangan membantu suhu dagingnya turun secara perlahan dan stabil, sehingga teksturnya lebih empuk secara merata. Sembari menunggu daging merah lebih empuk, kita bisa menyiapkan bahan masakan lainnya.

Itulah beberapa trik yang bisa Seikawan coba untuk mengolah daging sapi lebih empuk. Jika kamu tak mau repot, cukup sedia Seiruma by Seilera. Se’i Sapi ready to heat pertama dengan USDA Graded yang halal. Kamu tak perlu repot memilih daging karena dipilih dari daging berstandar USDA Graded yang lembut. Apalagi marinasi berjam-jam dan diasap seharian karena sudah dilakukan oleh pit smoker berpengalaman.

Gunakan kode voucher: PAYDAY250 Dan Dapetin Diskon Belanja 20% untuk Produk SEIRUMA SE’I SAPI 250gr di Seilera.com/shop. Berlaku hingga 28 Mei 2022!

 

baca juga: 3 Resep sei sapi yang bisa Seikawan coba di rumah

1 thought on “4 Trik Mengolah Daging Sapi Agar Empuk dan Bumbu Meresap”

  1. Pingback: Tips Memasak Saat Camping Yang Enak dan Anti Gagal - SEILERA

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart